Jelang Ramadhan, Axis Tambah Jaringan di 1.170 Site

~ Kamis, 14 Juli 2011
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Peningkatan trafik voice, SMS maupun data yang terjadi setiap Ramadhan dan Idul Fitri selalu menjadi perhatian seluruh operator telekomunikasi setiap tahun. Tidak terkecuali dengan Axis.

Salah satu masalah yang harus diantisipasi Axis, serta operator lainnya, tentu adalah perpindahan trafik dari kota ke daerah disebabkan arus mudik. Untuk mengantisipasi hal ini, Axis telah melakukan upgrade atau penambahan kapasitas jaringan pada sekira 1.170 site yang tersebar di seluruh pulau Jawa.

"Sejak tiga bulan lalu kami sudah melakukan persiapan untuk upgrade kapasitas Trx (transmission unit) sehingga diharapkan pelanggan tidak akan kesulitan berkomunikasi dengan siapapun," jelas Dadan Rahmat selaku Radio Network Planning Manager Axis wilayah Jawa Tengah, Kamis (14/7/2011).

"Untuk saat ini penambahan kapasitas itu memang masih terbatas di wilayah Jawa, tapi ke depannya tentu kami akan melakukan di lebih banyak site," tambah Dadan.

Jumlah Trx yang ditambah setiap site, menurut Dadan, tidak bisa dipukul rata. "Kami melakukan penambahan sesuai kebutuhan masing-masing wilayah dan berdasarkan tren pelanggan dari tahun sebelumnya," jelasnya.

Selain menambah kapasitas Trx untuk voice dan SMS, Axis juga menambah jumlah channel untuk layanan data di setiap site. Pasalnya, merujuk pada 'tradisi' mudik yang kerap diasosiasikan dengan macet, seringkali trafik justru datang dari jalan, bukannya daerah mudik yang dituju.

"Biasanya kalau mudik bisa terjebak macet sampai beerjam-jam. Kalau sudah begitu biasanya salah satu kegemaran pelanggan adalah mengakses situs-situs jejaring sosial," ujar Dadan lagi.

Network Performance Officer Adrian Sumbara menambahkan pihaknya juga semakin mengintensifkan drive test atau uji jaringan di jalur-jalur mudik agar bisa mengantisipasi apa saja kebutuhan pelanggan.

"Kami memang biasa melakukan drive test ini satu kali setiap bulannya. Tapi jelang Ramadhan pelaksanaannya tentu lebih intensif," paparnya.

"Lagipula kami juga harus melaporkan uji jaringan ke Ditjen Postel, dimana setiap operator harus memenuhi kuota tertentu. Kalau tidak bisa memenuhi itu kami bisa dikenakan penalti," tutupnya.

Sumber : www.okezone.com

0 comments:

Poskan Komentar

iklan

free web site traffic and promotion Cafe Bisnis Online

blog directory

0 The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Free Automatic Backlink

Bookmark This Post

Free Automatic Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink oneMission Backlink Exchange Free Automatic Link Free Backlinks Exchange Multiple Backlinks backlink Free Backlinks Free Automatic Link Free Backlinks Cárdenas.net Backlink Exchange - Plugboard Free Automatic Link Free Automatic Link ECBanner Linki Linki Free Backlinks DAHOAM Free Backlinks Technology Blogs
blogs TopOfBlogs Technology (Computers) - TOP.ORG Blog Directory & Search engine Blog Directory FreeWebSubmission.com Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Blog Directory Blog Directory Technology blogs tentang dunia entertainment dan networking Technology
flyg koh phi phi Top Blogs Technology blogs Technology Blogs - Blog Rankings Online Marketing Online MarketingAdd blog to our blog directory.

Free SEO Tools

Free SEO Tools

Blog search directory blog search directory