Axis Siap Antisipasi Lonjakan Jelang Ramadan & Idul Fitri

~ Jumat, 15 Juli 2011
Ilustrasi (Foto: Dok okezone)
Ilustrasi (Foto: Dok okezone)

YOGYAKARTA - Sebagai bagian dari persiapan menyambut Ramadan dan Idul Fitri, Axis mengajak beberapa media untuk ikut melakukan uji jaringan di salah satu rute mudik terpadat, yakni Jakarta-Yogyakarta-Surabaya, 14-15 Juli 2011.

Sepanjang jalur Jabodetabek hingga Jawa Timur, Axis tercatat memiliki 3.550 BTS 2G dan 1.100 BTS 3G. Namun pada rute uji coba yang dilakukan Axis bersama media terdapat sekira 326 site (BTS) dan 980 cell.

Berdasarkan data uji jaringan yang didapatkan, Axis mencatat hasil yang cukup memuaskan, di mana rata-rata kekuatan sinyalnya adalah -64 dBm (desible meter).

Sebagai informasi, kekuatan sinyal bisa dikatakan sangat baik (full bar) apabila berkisar antara -80 hingga 0 dBm. Sementara sinyal yang cukup baik berkisar pada angka -95 hingga -80 dBm. Jika mencapai angka -100 dan -85 berarti sinyal kurang bagus.

General Manager Technology Operatios Marc Proulx menambahkan rata-rata kualitas sinyal Axis berada pada angka 0,3 yang terbilang sangat baik. "Kami masih berada di kisaran 0-3, yang menggambarkan kualitas yang baik. kualitas sinyal tentu sangat penting untuk menghindari tingginya angka drop call serta efek suara robot," jelasnya kepada awak media di Novotel Yogyakarta, Jumat (15/7/2011).

Rata-rata keberhasilan panggilan atau call setup success rate (CSSR) adalah 98,8 persen, sedangkan rata-rata kesuksesan panggilan mulai tersambung hingga percakapan berakhir juga mencapai 98,8 persen.

Meski demikian, okezone sempat mengalami kesulitan melakukan panggilan dan mengirim SMS saat berada di wilayah Bumiayu, dekat Purwokerto, Jawa Tengah.

Menurut Radio Network Planning Manager Jawa Barat Sigit Tri Cahyo yang ikut mengawasi uji jaringan ini, hal itu disebabkan adanya salah satu site di wilayah tersebut yang belum menyala.

"Sebenarnya kondisi geografis wilayah yang cukup terpencil juga ikut mempengaruhi kekuatan dan kualitas sinyal. Tapi untuk wilayah Bumiayu memang ada satu site yang belum bekerja sehingga sedikit mengganggu kekuatan sinyal," jelas Sigit.

Untuk paket data, Axis melakukan pengujian di jaringan 2G. Kualitas paket data Axis di wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur hampir sama, di mana Jawa Barat mencapai kecepatan 245,3 kbps dan Jawa Timur 227,6 kbps.

Wilayah Jawa Tengah mencatat kecepatan yang cukup jauh di bawah kedua area lain, yaitu 117 kbps. Namun menurut Marc, hal ini disebabkan pengujian mereka dilakukan pada peak time, atau saat trafik data mencapai puncaknya, yaitu sekira pukul 8 hingga 9 malam.

"Secara keseluruhan hasil uji jaringan ini sangat baik. Saya rasa Axis sudah siap melayani pelanggannya saat bulan puasa dan lebaran nanti," tutup Marc.

Sumber : www.okezone.com

0 comments:

Poskan Komentar

iklan

free web site traffic and promotion Cafe Bisnis Online

blog directory

0 The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Free Automatic Backlink

Bookmark This Post

Free Automatic Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink oneMission Backlink Exchange Free Automatic Link Free Backlinks Exchange Multiple Backlinks backlink Free Backlinks Free Automatic Link Free Backlinks Cárdenas.net Backlink Exchange - Plugboard Free Automatic Link Free Automatic Link ECBanner Linki Linki Free Backlinks DAHOAM Free Backlinks Technology Blogs
blogs TopOfBlogs Technology (Computers) - TOP.ORG Blog Directory & Search engine Blog Directory FreeWebSubmission.com Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Blog Directory Blog Directory Technology blogs tentang dunia entertainment dan networking Technology
flyg koh phi phi Top Blogs Technology blogs Technology Blogs - Blog Rankings Online Marketing Online MarketingAdd blog to our blog directory.

Free SEO Tools

Free SEO Tools

Blog search directory blog search directory